Tuesday 18 August 2015

Cara Membentuk Otot Tanpa Harus Ke Gym 2015


Setelah kemarin saya membahas tentang Cara Membuat Corel Draw X7 Menjadi Full Version, kali ini saya akan membahas tentang topik lain yang sedikit berbeda dari topik sebelumnya. Topik kali ini saya rasa akan berguna bagi semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan, karena saya rasa tubuh sempurna merupakan impian semua orang bukan? hehehehe....

Banyak orang memimpikan untuk memiliki tubuh yang sempurna, baik itu sempurna berdasarkan Tinggi Badan, Berat Badan, Kulit Mulus, Ataupun yang akan kita bahas kali ini tentang Otot Berbentuk.

Namun banyak pula orang yang mengira bahwa untuk mendapatkan tubuh yang ideal, mereka harus mengeluarkan banyak uang seperti membeli obat diet ataupun pergi ke gymnasium.

Kali ini saya akan memberikan sedikit Tips untuk para pria atau wanita yang ingin memiliki tubuh indah dan ingin meningkatkan rasa percaya diri tanpa harus mengeluarkan uang alias GRATIS. Tips ini bisa anda lakukan dirumah dan kapan saja, sehingga tidak akan mengganggu jadwal kegiatan anda.

Mari langsung kita lihat tipsnya.

1. Planking
Planking sering dianggap sepele bagi sebagian orang. Mereka berpikir bahwa otot tidak akan terbentuk hanya dengan melakukan gerakan statis seperti itu. Mereka mengira bahwa Sit Up akan lebih meningkatkan masa otot dibandingkan dengan
metode Planking ini. Tentu saja mereka SALAH. Hasil Penelitian dengan menggunakaan electromyography (EMG) menemukan bahwa dengan melakukan Planking ada aktivasi oto sebanyak 20% lebih banyak daripada Sit Up.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Planking :

1. Lakukan seperti posisi Push Up.
2. Letakan tumpuan badan pada kedua lengan (Siku sampai telapak tangan).
3. Luruskan kaki hingga perut terasa berkontraksi.
4. Lakukan secara bertahap dari mulai 30 detik - 5 menit.

Fakta mengenai Planking :

Planking disebut sebagai latihan terbaik, karena dengan metode Planking anda akan dapat menguatkan otot-otot pusat yang paling dalam. Selain itu Planking juga merupakan sebuah latihan mudah yang rata-rata orang bisa melakukannya, tidak seperti Push Up, Sit Up atau Pull Up yang harus memiliki kemampuan otot dulu baru bisa melakukannya. Dengan melakukan metode Planking, bagian otot yang dilatih adalah Otot Pusat, Pundak, dan Otot Pinggul. Otot Pusat ini pada dasaranya adalah otot yang menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah, termasuk Otot Perut, Punggung Bawah, Pinggul, dan Bokong.

2. Push Up
Push Up merupakan hal yang lumrah bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia olahraga. Memang terlihat mudah, namun tidaklah semudah yang terlihat jika dilakukan oleh orang orang yang baru pertama kali melakukannya. Ada beberapa cara push up. Namun kali ini saya hanya akan membahas Push Up dengan cara yang biasa.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Push Up :

1. Berbaring di lantai dengan kedua telapak tangan menempel pada lantai.
2. Luruskan tubuh.
3. Dorong tubuh ke atas dengan kaki dan kedua telapak tangan sebagai penumpu tubuh.
4. Lakukan sebanyak 15 kali - 40 kali.

Fakta mengenai Push Up :

Push Up selain untuk membentuk Otot Lengan juga berguna untuk pembentukan Otot Perut, mmembantu kesehatan tulang, menambah masa Otot Dada, menstabilkan Otot Bahu, memperbaiki bentuk tubuh, menyeimbangkan postur tubuh, melatih Otot Jantung, meningkatkan ukuran payudara.

Selain itu, Push Up juga memiliki beberapa kebaikan untuk kesehatan, diantaranya adalah : meningkatkan sistem metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, latihan rutin untuk diet, dan mencegah datangnya osteoporosis.

3. Sit Up
Sit Up berfungsi untuk meningkatkan masa otot pada bagian perut, alias membentuk perut menjadi SixPack. Dengan melakukan Sit Up yang rutin, Otot Perut akan terbentuk secara bertahap. Namun selain Otot Perut, sebenarnya dengan melakukan Sit Up juga kita dapat melatih Otot Punggung.

Banyak orang yang enggan melakukan Sit Up karena sering merasakan sakit dibagian bawah perut. Padahal rasa sakit itu timbul karena kontraksi yang berlebihan pada Otot Perut. Kontraksi berlebihan tersebut disebabkan karena cara melakukan Sit Up yang salah.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Sit Up :

1. Berbaring lah di lantai dengan wajah menghadap ke langit.
2. Tekuk kaki hingga lutut membentuk sudut 45 derajat.
3. Letakan kedua tangan di samping kepala.
4. Angkat tubuh hingga berada dalam posisi duduk.
5. Kembali kepada posisi berbaring.
6. Lakukan sebanyak 15 kali - 40 kali.

Fakta mengenai Sit Up :

Sit Up selain bermanfaat untuk pembentukan Otot Perut juga memiliki beberapa manfaat lain yang tentunya sangat berguna untuk kita ketahui. Dengan melakukan Sit Up, kita dapat menjaga kestabilan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, menjaga kesehatan tubuh, menjaga sistem metabolisme, menjaga sistem pencernaan, menjaga postur tubuh, menjaga kesehatan badan, melancarkan peredaran darah, membantu meredakan nyeri pada punggung bagian bawah, membantu pembentukan fisik, menurunkan kadar lemak dalam tubuh, dan pembentukan pinggul.

4. Pull Up
Pull Up merupakan sebuah latihan yang tidak mudah. Tidak semua orang mampu melakukan Pull Up, bahkan seoran olahragawan pun belum tentu dapat melakukan Pull Up. Sebelum dapat melakukan Pull Up, kita harus melakukan peningkatan kemampuan Otot Lengan terlebih dahulu dengan cara melakukan Push Up ataupun dengan menggunakan barbel. 

Setelah Otot Lengan kita dirasa cukup kuat, maka kita dianjurkan untuk melakukan Pull Up ringan. Pull Up ringan adalah melakukan Pull Up pada palang yang tidak terlalu tinggi, dan tidak mengangkat badan terlalu tinggi alias hanya semampu tubuh kita saja. Setelah melakukan Pull Up ringan secara rutin, lama kelamaan tubuh kita akan mampu mengangkat tubuh hingga bagian kepala melewati palang tanpa ada kelelahan yang berarti alias dapat melakukan Pull Up penuh.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Pull Up :

1. Pull Up dilakukan pada sebuah palang vertikal yang lebih tinggi daripada tubuh kita.
2. Posisikan tubuh hingga menggantung pada palang tersebut dengan kedua tangan sebagai tumpuan.
3. Jarak antara kedua lengan adalah selebar bahu.
4. Tarik tubuh hingga terangkat dan kepala melewati palang.
5. Kembali ke posisi awal.
6. Lakukan 5 kali - 20 kali

Fakta mengenai Pull Up :

Dengan melakukan Pull Up, otomatis kita akan membentuk Otot Tubuh Bagian Atas sehingga tubuh akan terlihat lebih proporsional, selain itu Pull Up juga dapat meningkatkan power cengkarman tangan, jari jari anda akan lebih kuat dari sebelumnya. Lalu dengan melakukan Pull Up, kita juga dapat menyehatkan jantung dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Pull Up juga berguna untuk menyeimbangkan kinerja tubuh.

5. Bicycle Crunch

Jarang orang mengetahui tentang metode latihan ini. Metode latihan ini pada dasarnya adalah menggabungkan gerakan orang sedang bersepeda dengan gerakan Sit Up, sehingga menghasilkan kontraksi pada Otot Perut, Otot Kaki, dan Otot Punggung. Latihan ini berada pada level medium karena untuk melakukannya gampang gampang susah.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan Bicycle Crunch :

1. Posisi Awal berbaringlah lurus terlentang.
2. Tempatkan tangan dibelakang kepala.
3. Angkat sedikit kedua kaki ke atas.
4. Tekuk kaki kiri dan kanan bergantian seperti mengayuh sepeda.
5. Angkat sedikit kepala dan bagian tubuh atas.
6. Arahkan siku tangan kanan ke lutut kiri secara bergantian
7. Lakukan selama 30 detik - 2 menit.

Fakta mengenai Bicycle Crunch :

Bicycle Crunch dapat dibilang merupakan latihan terbaik untuk melatih Otot Perut. Karena gerakan ini merupakan gerakan dinamis yang memaksa Otot Perut untuk terus bergerak sambil berkontraksi. Dalam melakukan gerakan ini, keseimbangan tubuh akan semaking meningkat karena tubuh kita dilatih untuk melakukan gerakan kiri dan kanan secara bergantian.

Dengan melakukan gerakan seperti diatas secara rutin, bentuk tubuh anda akan berangsur angsur menjadi sempurna. Sekian pembahasan tentang Cara Membentuk Otot Tanpa Harus Ke Gym 2015. Mudah bukan?

Selamat Mencoba!


No comments: